Saturday, 4 April 2015

Subulussalam Pesantrenku

Selamat pagi semua, pagi ini kota Padang lumayan tenang, adem ayem, gak terlalu dingin dan ngak terlalu panas. Hari ini aktifitas sekolah akan dimulai walaupun kemarin tanggal merah. Aku teringat ketika masa-masa sekolah dulu, kalo hari seperti hari ini kami namakan “harpitnas” (Hari Terjepit Nasional). Biasanya kami juga akan libur walaupun tidak ada pengumuman libur dari pihak sekolah. Agar siswa/siswinya tetap datang ke sekolah, biasanya pihak sekolah akan membuat berbagai hukuman atau denda bagi siswa/siswi yang menambah liburnya.

Sedangkan aktifitas perkantoran pada hari ini tidak ada , hari ini masih termasuk libur. Aktifitas perkantoran akan buka seperti biasa pada hari senin depan. Sehingga kota Padang biasanya jam segini sudah sibuk, sekarang masih lengang, tidak ada aktifitas yang bikin macet.

Ditemani dengan secangkir kopi pagi, di sudut kota Padang ini. Ku coba lagi untuk menulis apa yang bisa aku tulis. Hmm, belajar menulis memang membutuhkan kemauan dan keinginan yang kuat. Kadang ide itu banyak terdapat dalam pikiran tetapi sulit untuk diungkapkan dengan kata-kata berbentuk tulisan. Begitulah menulis membutuhkan keahlian  sendiri yang jarang dimiliki oleh orang.
Baiklah pagi ini aku akan bercerita tentang Pesantren kami. Aku bergabung di Pondok Pesantren Modern Subulussalam belum genap 2 tahun. Bermula dari cerita kakak kelasku akhirnya aku bisa mengajar diterima sebagai staf pengajar di Pesantren tersebut. Pesantren ini tidak terlalu jauh dari Kota Padang, sekitar 1 jam perjalanan dengan motor. Terletak di kampung Panyalai, nagari Lubuk Pandan yang asri, hijau. Dibelakangnya terhampar areal persawahan yang menghijau sepanjang tahun, ditambah lagi pepohonan yang rindang di sekeliling Pesantren, sehingga Pesantren kami disebut juga Pesantren Hijau. Udaranya ngak panas dan ngak pula terlalu dingin.
Ponpes Subulussalam berdiri sejak tahun 1991. Di Ponpes ini santri hanya belajar sekitar 3 tahun, yaitu setingkat MTs. Untuk Ujian Nasional, kami menyelenggarakan sendiri. Alhamdulillah, santri tamatan dari Ponpes Subulussalam bisa diterima di sekolah-sekolah favorit baik di Sumatera barat maupun di pulau jawa. Sedangkan kurikulum dan mata pelajaran yang dipelajari di Ponpes Subulussalam memadukan antara Kurikulum Diknas, Kemenag dan Kurikulum Pondok.
Untuk diketahui, santri Ponpes Subulussalam berasal dari berbagai daerah di Sumatera Barat dan ada juga yang berasal dari Batam, Dumai dan beberapa orang dari Pulau Jawa. Tapi mayoritas berasal dari Kabupaten Padang Pariaman. kegiatan santri putra dan santri putri terpisahkan, baik asrama maupun ruang kelas, walaupun terletak di satu komplek yang sama.
Ponpes Subulussalam sudah memiliki fasilitas yang lengkap, Masjid Nurul Huda sebagai pusat kegiatan santri terletak di tengah Ponpes. Asrama, ruang kelas, pustaka, labor komputer dan ruang serbaguna yang di gunakan untuk ruang makan santri dan kegiatan-kegiatan lainnya. Tidak lupa pula lapangan futsal dan lapangan badminton tersedia di Ponpes Subulussalam. Motto kami keseimbangan antara Ruhiyah dan Badaniyah tetap terjaga, makanya segala fasilitas yang menunjang untuk itu disediakan disini.
Itulah gambaran sepintas dari Pondok Pesantren Modern Subulussalam tempat kami mengajar dan belajar. Untuk melihat lebih dekat silahkan datang saja ke Pondok Pesantren Modern Subulussalam dengan alamat Kampung Panyalai, Nagari Lubuk Pandan, Kecamatan 2x11 Enam Lingkung, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera barat.
Sabtu, 04 April 2015 Jam 6:42 AM
To Be Continue............

15 comments:

  1. Hehehehe, mantap ada kegiatan Pencak Silat Tapak Suci nya juga ya kang :)
    semoga sukses ya kang.. Aamiin. Link nya sudah saya pasang, nanti di cek ya kang :)

    ReplyDelete
  2. iya akang,, barusan dicek,, terima kasih banyak ya,,
    salam persahabatan

    ReplyDelete
  3. Pesantrennya bagus dan elok banget ms :)

    ReplyDelete
  4. terimakasih mas Cahyo,,, ntar klo ke Padang,, monggo mampir di pesantren kami... di tunggu ya

    ReplyDelete
  5. Semoga Pesantren Subulussalam makin maju Uda Hafiz...

    ReplyDelete
  6. terimakasih doanya uda Awak....

    ReplyDelete
  7. Sukses selalu. Salam persaudaraan.

    ReplyDelete
  8. terimakasih memen,, sudah mampir di blogku,, salam persaudaraan juga

    ReplyDelete
  9. Haiii Hafiz,
    Perkenalkan saya joni.. Saya alumni ppm subulus salam. Tahun masuk 1997.. Apakah ada website resmi dr pesantren? Saya dr tamat th 2000 saya belum pernah kembali lagi, apakah ada forum alumni dr pesantren?

    ReplyDelete
  10. salam kenal kembali saudara Joni.. kalau website resmi subulussalam ngak ada,,, klo forum alumni di FB banyak tuh,, silahkan di search aja. kalau ada waktu mampirlah ke PPM Subulussalam, ust lama yang masih ada yaitu Ust Amril, Ust Zulkifli Zakaria dan Ust Miwaldi.

    ReplyDelete
  11. Ane Anak baru PESANTREN SUBULUSALAM. nama : M. Syahidal Akbar zas

    ReplyDelete
  12. Hai Hafiz..Saya Yoppy Rikarni alumni Tahun 1997 Sama dengan Joni...kangen nich ngumpul-ngumpul lagi dengan para ustadz disana uztad Am, Zulkifli, Miwaldi dan dulu ada Ustadz Aqil D. Gani, kalau ada acara ngumpul alumni Hub aja ke 085274137812..sekarang kerja di Padang Air Tawar

    ReplyDelete
  13. Hai Hafiz, Ana alumni 1997-2000, nama saya Yoppy Rikarni

    ReplyDelete
  14. Hai Hafiz nama saya Yoppy Rikarni alumni angkatan 1997-2007, kangen nich sama smuanya alumni, kalau bisa ngumpul lagi, kalau ada hubungi ana 085274137812, sekarang saya kerja di Padang

    ReplyDelete

Terima Kasih Banyak Atas Komentarnya... Jangan Lupa Baca Artikel Yang Lain Ya.... :)